Skip to main content

Facebook Marketing

Mempunyai akun facebook bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia biasanya digunakan hanya untuk update status, narsis. Tidak banyak diantaranya yang memanfaatkan facebook untuk menjual suatu produk ataupun jasa. Fenomena akhir-akhir ini, sangat banyak ditemukan akun facebook yang dengan sengaja dimanfaatkan untuk menjual produk atau jasa. Yang lebih menjengkelkan adalah mereka dengan seenaknya tag orang lain tanpa ijin dari yang bersangkutan. Sudah menjadi lazim bahwa orang-orang yang berjualan di facebook selalu tag teman-teman fb nya untuk numpang jualan. Tujuannya apalagi kalau bukan untuk memperkenalkan produknya ke lebih banyak orang. Namun, cara ini sangat tidak dianjurkan, karena belum tentu orang-orang yang di tag berkenan.
Ternyata hanya bermodalkan akun FB pun, Anda bisa berjualan dan menghasilakan uang. Dahulu sebelum facebook seketat sekarang, orang-orang sangat mudah membuat akun sesuai dengan kata kunci yang ditargetkan. Namun, sekarang untuk membuat akun FB sesuai dengan kata kunci yang ditargetkan agak sulit. Meskipun sulit, bukan berarti Anda tidak bisa lagi memanfaatkan akun Anda untuk berjualan secara optimal. Akun facebook memang mempunyai keterbatasan dalam hal jumlah pertemanan atau friend, yaitu sekitar 5000 orang. Dahulu ketika sudah mencapai jumlah angka itu, Anda sudah tidak dapat lagi menerima atau mengirimkan permintaan pertemanan atau friend request. Akan tetapi, sejak 2 tahun belakangan, fb membuat fitur tambahan yang bernama follower. Walaupun tidak menjadi teman dalam fb, seseorang tetap dapat mengikuti update status Anda. Tentunya ini merupakan satu hal yang sangat menggembirakan, apalagi kalau follower Anda adalah target market Anda. Sayangnya Anda tidak bisa mengatur follower sesuai dengan target, karena follower datangnya alami karena ingin mengikuti update status Anda. Jumlah follower dalam 1 akun facebook tidak terbatas.
Langkah apa sajakah yang diperlukan dalam pembuatan facebook marketing?
  1. Usahakan nama akun FB Anda mendekati atau menggiring asumsi orang lain mengenai produk atau jasa yang Anda tawarkan.
  2. Gunakan gambar pada cover photo dan profile picture akun FB Anda yang mewakili produk atau jasa yang Anda tawarkan.
  3. Editlah sedemikian rupa mengenai tentang Anda dan penjelasan tentang Anda, pekerjaan Anda sesuai dengan jasa atau produk yang sedang Anda tawarkan
  4. Buatlah status yang selalu bersesuaian dengan produk atau jasa yang sedang Anda tawarkan.
  5. Manfaatkan grup untuk melakukan promosi produk atau jasa yang sedang Anda tawarkan.
  6. Saat melakukan update status sertakan gambar produk atau jasa yang menarik, eye catching sehingga dapat menarik semakin banyak calon pelanggan.
  7. Untuk menjelaskan produk atau jasa yang sangat mendetail, manfaatkan note atau catatan yang ada di akun FB Anda.

Sementara itu dulu tentang pengenalan Facebook Marketing.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Budidaya Jahe Merah dalam Karung yang Tepat

Cara budidaya jahe merah dalam karung adalah salah satu hal yang paling banyak ditanyakan oleh hampir setiap orang, terutama bagi mereka yang akan mulai bisnis jahe merah. Nah apakah Anda salah satu orang yang ingin bisnis jahe merah? Jika iya, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini untuk menambah wawasan mengenai cara membudidayakan jahe merah yang tepat. Budidaya jahe merah adalah usaha yang menjajikan dengan modal yang tak terlalu banyak. Jika Anda memiliki lahan kosong, tak ada salahnya jika Anda memanfaatkan lahan tersebut untuk ditanami apotek hidup ini. Lalu apa yang menjadi alasan banyak orang yang berlomba-lomba untuk bisnis jahe merah? Seperti yang sudah dijelaskan tadi jahe merah merupakan apotek hidup yang kaya manfaat. Mulai dari untuk menghangatkan tubuh, meredakan nyeri, obat pencahar, mengatasi radang tenggorokan dan masih banyak lagi. Banyaknya manfaat jahe itulah membuat permintaan jahe di pasaran semakin meningkat. Hal itulah yang membuat para pet...

Tips Bagaimana Seharusnya Mencari Ide Bisnis yang Kreatif

Kalau anda mempunyai sebuah ide usaha , sebaiknya anda tidak terobsesi untuk “sekedar” mengembangkan ide usaha kreatif . Anda harus benar-benar tahu apakah ide peluang usaha baru tersebut bisa anda jalankan atau tidak. Menemukan ide dan jenis usaha yang cocok yang bisa anda jalankan tidaklah gampang. Tapi anda bisa mengingat beberapa hal di bawah ini untuk menilai apakah ide bisnis kreatif anda layak atau tidak untuk dijalankan. 1. Mempunyai ide saja tidak cukup. Banyak para calon pengusaha yang takut untuk mengemukakan ide bisnis kreatif mereka kepada orang lain karena khawatir akan ada yang mencuri ide tersebut. Banyak juga yang bercerita bahwa ide bisnis kreatif mereka dicuri orang. Sebenarnya sah-sah saja seseorang tidak menceritakan ide bisnis kreatif mereka. Tapi yang harus anda ingat bahwa ide bisnis kreatif hanyalah ide bisnis, tidak lebih. Ide bisnis kreatif bukanlah sebuah bisnis. Saya mempunyai teman selalu punya banyak ide bisnis kreatif. Tetapi t...

Jangan Pernah Kesampingkan Peluang Usaha Agrobisnis Jamur Tiram

Sengaja saya ambil headline artikel ini dengan tema diatas karena banyak sekali entrepreneur muda yang jarang  melirik peluang usaha agribisnis . Saya sendiri tidak tahu apa alasannya. Entah karena nggak keren atau karena kurang gaul, yang jelas, tidak banyak entrepeneur muda yang terjun di bidang agribisnis. Padahal menurut saya, “kultur dan budaya bisnis di Indonesia” sangat cocok untuk usaha agrobisnis. Tapi baiklah, saya tidak akan mempermasalahkannya terlalu jauh. Saya akan langsung menuju topik utama kali ini, “Jangan Pernah Remehkan Peluang Usaha Agrobisnis Jamur Tiram” . Saya sangat beruntung karena teman saya yang terjun di usaha ini, ibu Yanti, mau menceritakan kepada saya tentang usaha budidaya jamur tiram ini. Siapa yang tak kenal dengan jamur tiram. Jamur dengan rasa yang enak seperti daging ini banyak digemari oleh masyarakat. Permintaan pasar yang terus meningkat memberikan angin segar bagi para pembudidaya jamur tiram. Setahu saya usaha budida...