Skip to main content

Facebook Marketing

Mempunyai akun facebook bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia biasanya digunakan hanya untuk update status, narsis. Tidak banyak diantaranya yang memanfaatkan facebook untuk menjual suatu produk ataupun jasa. Fenomena akhir-akhir ini, sangat banyak ditemukan akun facebook yang dengan sengaja dimanfaatkan untuk menjual produk atau jasa. Yang lebih menjengkelkan adalah mereka dengan seenaknya tag orang lain tanpa ijin dari yang bersangkutan. Sudah menjadi lazim bahwa orang-orang yang berjualan di facebook selalu tag teman-teman fb nya untuk numpang jualan. Tujuannya apalagi kalau bukan untuk memperkenalkan produknya ke lebih banyak orang. Namun, cara ini sangat tidak dianjurkan, karena belum tentu orang-orang yang di tag berkenan.
Ternyata hanya bermodalkan akun FB pun, Anda bisa berjualan dan menghasilakan uang. Dahulu sebelum facebook seketat sekarang, orang-orang sangat mudah membuat akun sesuai dengan kata kunci yang ditargetkan. Namun, sekarang untuk membuat akun FB sesuai dengan kata kunci yang ditargetkan agak sulit. Meskipun sulit, bukan berarti Anda tidak bisa lagi memanfaatkan akun Anda untuk berjualan secara optimal. Akun facebook memang mempunyai keterbatasan dalam hal jumlah pertemanan atau friend, yaitu sekitar 5000 orang. Dahulu ketika sudah mencapai jumlah angka itu, Anda sudah tidak dapat lagi menerima atau mengirimkan permintaan pertemanan atau friend request. Akan tetapi, sejak 2 tahun belakangan, fb membuat fitur tambahan yang bernama follower. Walaupun tidak menjadi teman dalam fb, seseorang tetap dapat mengikuti update status Anda. Tentunya ini merupakan satu hal yang sangat menggembirakan, apalagi kalau follower Anda adalah target market Anda. Sayangnya Anda tidak bisa mengatur follower sesuai dengan target, karena follower datangnya alami karena ingin mengikuti update status Anda. Jumlah follower dalam 1 akun facebook tidak terbatas.
Langkah apa sajakah yang diperlukan dalam pembuatan facebook marketing?
  1. Usahakan nama akun FB Anda mendekati atau menggiring asumsi orang lain mengenai produk atau jasa yang Anda tawarkan.
  2. Gunakan gambar pada cover photo dan profile picture akun FB Anda yang mewakili produk atau jasa yang Anda tawarkan.
  3. Editlah sedemikian rupa mengenai tentang Anda dan penjelasan tentang Anda, pekerjaan Anda sesuai dengan jasa atau produk yang sedang Anda tawarkan
  4. Buatlah status yang selalu bersesuaian dengan produk atau jasa yang sedang Anda tawarkan.
  5. Manfaatkan grup untuk melakukan promosi produk atau jasa yang sedang Anda tawarkan.
  6. Saat melakukan update status sertakan gambar produk atau jasa yang menarik, eye catching sehingga dapat menarik semakin banyak calon pelanggan.
  7. Untuk menjelaskan produk atau jasa yang sangat mendetail, manfaatkan note atau catatan yang ada di akun FB Anda.

Sementara itu dulu tentang pengenalan Facebook Marketing.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Bagaimana Menentukan Target Pasar yang Tepat (Bagian 2)

Mari kita lanjutkan sambungan dari artikel bagaimana cara menetapkan target pasar yang tepat bagian 1 . Kemarin saya menyebutkan bahwa ada 3 hal yang harus anda lakukan untuk menguji apakah segmen pasar yang anda pilih tersebut layak untuk anda jadikan target pasar ataukah tidak. Tiga hal tersebut adalah : 1. Ukuran pasar atau Pangsa Pasar Anda harus bisa melihat berdasarkan pengamatan dan fakta dari riset pasar berapa besarnya pangsa pasar pada segmen pasar yang anda tuju. Apakah ukuran dari jenis pasar yang menjadi target anda itu memungkinkan untuk menghasilkan laba yang memadai bagi usaha anda ataukah tidak? Jika terlalu kecil sehingga tidak bisa menghasilkan laba yang cukup bagi usaha anda, sebaiknya anda tinggalkan. Walaupun  ide bisnis anda terlihat sangat brilliant dan tidak ada duanya! 2. Persaingan Siapa saja pesaing anda dan pesaing utama anda di segmen pasar tersebut? Seberapa jauh mereka bisa memuaskan pasar yang ada? Seberapa besar tingkat loyal...

Cara Budidaya Jahe Merah dalam Karung yang Tepat

Cara budidaya jahe merah dalam karung adalah salah satu hal yang paling banyak ditanyakan oleh hampir setiap orang, terutama bagi mereka yang akan mulai bisnis jahe merah. Nah apakah Anda salah satu orang yang ingin bisnis jahe merah? Jika iya, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini untuk menambah wawasan mengenai cara membudidayakan jahe merah yang tepat. Budidaya jahe merah adalah usaha yang menjajikan dengan modal yang tak terlalu banyak. Jika Anda memiliki lahan kosong, tak ada salahnya jika Anda memanfaatkan lahan tersebut untuk ditanami apotek hidup ini. Lalu apa yang menjadi alasan banyak orang yang berlomba-lomba untuk bisnis jahe merah? Seperti yang sudah dijelaskan tadi jahe merah merupakan apotek hidup yang kaya manfaat. Mulai dari untuk menghangatkan tubuh, meredakan nyeri, obat pencahar, mengatasi radang tenggorokan dan masih banyak lagi. Banyaknya manfaat jahe itulah membuat permintaan jahe di pasaran semakin meningkat. Hal itulah yang membuat para pet...

10 Cara Praktis Manajemen Usaha Kecil dan Sukses

Berikut sepuluh aturan untuk memulai, mengatur dan mengelola usaha kecil. Daftar ini cukup untuk membuat Anda menyadari kenyataan yang ada, yuk kita simak: 1. Lebih realistis. Saat membuat model bisnis, coba lihat ke sekeliling dan cari contoh sukses dari  model bisnis  yang Anda kehendaki, lalu pelajari. Bila Anda tak dapat menemukan contoh model bisnis yang anda jalani, itu artinya mungkin Anda luar biasa jeniusnya, atau berarti model bisnis Anda tidak bakal berhasil di dunia nyata. 2. Jangan menginvestasikan uang sendiri Karena kebanyakan bisnis adalah perjalanan yang berisiko, carilah partner. Jadi, jika semuanya tidak berjalan semua rencana, Anda tidak bakal bangkrut karena dana  start- up tadi, dan tidak dikejar utang. Membuat team akan memudahkan kerja dan berbagi beban. 3. Bersedia bekerja Lebih Keras Jika Anda tidak bersedia bekerja keras, lembur, melupakan kesenangan sementara, maka dunia wirausaha tidak cocok Anda. Pada awalnya, Anda pasti tidak ...