Mempunyai akun facebook bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia biasanya digunakan hanya untuk update status, narsis. Tidak banyak diantaranya yang memanfaatkan facebook untuk menjual suatu produk ataupun jasa. Fenomena akhir-akhir ini, sangat banyak ditemukan akun facebook yang dengan sengaja dimanfaatkan untuk menjual produk atau jasa. Yang lebih menjengkelkan adalah mereka dengan seenaknya tag orang lain tanpa ijin dari yang bersangkutan. Sudah menjadi lazim bahwa orang-orang yang berjualan di facebook selalu tag teman-teman fb nya untuk numpang jualan. Tujuannya apalagi kalau bukan untuk memperkenalkan produknya ke lebih banyak orang. Namun, cara ini sangat tidak dianjurkan, karena belum tentu orang-orang yang di tag berkenan.
Ternyata hanya bermodalkan akun FB pun, Anda bisa berjualan dan menghasilakan uang. Dahulu sebelum facebook seketat sekarang, orang-orang sangat mudah membuat akun sesuai dengan kata kunci yang ditargetkan. Namun, sekarang untuk membuat akun FB sesuai dengan kata kunci yang ditargetkan agak sulit. Meskipun sulit, bukan berarti Anda tidak bisa lagi memanfaatkan akun Anda untuk berjualan secara optimal. Akun facebook memang mempunyai keterbatasan dalam hal jumlah pertemanan atau friend, yaitu sekitar 5000 orang. Dahulu ketika sudah mencapai jumlah angka itu, Anda sudah tidak dapat lagi menerima atau mengirimkan permintaan pertemanan atau friend request. Akan tetapi, sejak 2 tahun belakangan, fb membuat fitur tambahan yang bernama follower. Walaupun tidak menjadi teman dalam fb, seseorang tetap dapat mengikuti update status Anda. Tentunya ini merupakan satu hal yang sangat menggembirakan, apalagi kalau follower Anda adalah target market Anda. Sayangnya Anda tidak bisa mengatur follower sesuai dengan target, karena follower datangnya alami karena ingin mengikuti update status Anda. Jumlah follower dalam 1 akun facebook tidak terbatas.
Langkah apa sajakah yang diperlukan dalam pembuatan facebook marketing?
- Usahakan nama akun FB Anda mendekati atau menggiring asumsi orang lain mengenai produk atau jasa yang Anda tawarkan.
- Gunakan gambar pada cover photo dan profile picture akun FB Anda yang mewakili produk atau jasa yang Anda tawarkan.
- Editlah sedemikian rupa mengenai tentang Anda dan penjelasan tentang Anda, pekerjaan Anda sesuai dengan jasa atau produk yang sedang Anda tawarkan
- Buatlah status yang selalu bersesuaian dengan produk atau jasa yang sedang Anda tawarkan.
- Manfaatkan grup untuk melakukan promosi produk atau jasa yang sedang Anda tawarkan.
- Saat melakukan update status sertakan gambar produk atau jasa yang menarik, eye catching sehingga dapat menarik semakin banyak calon pelanggan.
- Untuk menjelaskan produk atau jasa yang sangat mendetail, manfaatkan note atau catatan yang ada di akun FB Anda.
Comments
Post a Comment