Menghadapi pelanggan yang marah selain dapat merusak suasana hari Anda, biaya yang keluar pun tidaklah sedikit.Pelanggan yang marah bisa saja disebabkan karena karyawan Anda yang
tidak jujur atau produk anda mengalami cacat produksi, atau bisa juga
dari pihak pelanggan yang alasannya tidak jelas.
Namun, jika anda tidak hati-hati menangani masalah mereka, pelanggan
yang marah tersebut akan meninggalkan bisnis anda dan pindah ke yang
lain. Yang lebih bahaya lagi, mereka akan menceritakan hal ini kepada
setiap orang yang dikenalnya.
Lantas apa yang akan anda lakukan ketika pelanggan yang marah
menelpon, atau datang langsung ke toko menemui anda? Untuk meredakan
situasi katakan kepada pelanggan permintaan maaf anda dan meminta mereka
untuk menjelaskan masalahnya.
Jangan mencoba untuk menjelaskan dari sisi masalah anda dan tidak
berdebat dengan pelanggan. Pelanggan tidak harus mendengarkan apa yang
anda pikirkan, mereka hanya ingin anda mendengarkan mereka dan segera
memperbaikinya.Perhatikan nada bicara anda. Jika anda terdengar jengkel itu hanya akan meningkatkan kejengkelan pelanggan.
Berempati dengan pelanggan- tapi jangan berlebihan. Tanyakan kepada
pelanggan apa yang ingin perusahaan anda lakukan untuk mereka. Segera bertindak. Jika anda dapat melakukan apa yang diinginkan
pelanggan, lakukanlah dengan segera. Jika anda tidak dapat melakukannya,
lakukan sesuatu yang berbeda yang bisa anda lakukan, seperti
mengembalikan uang mereka, atau member mereka diskon untuk proses
pembelian berikutnya
( Sumber; Dikelolah dari Berbagai Sumber )
Comments
Post a Comment