Segmentasi pasar, kata yang cukup menakutkan dan terkesan rumit bagi sebagian orang yang terjun membangun bisnis.
Padahal, segmentasi pasar adalah salah satu elemen penting dalam strategi pemasaran yang akan anda lakukan (bahkan terlalu penting) .
Baiklah, akan saya terangkan dengan bahasa yang sederhana dan mudah
dipahami apa itu segmentasi pasar. Menurut Hermawan Kertajaya,
pengertian segmentasi pasar adalah sebuah metode bagaimana memandang pasar secara kreatif.
Anda masih bingung dengan pengertian segmentasi pasar diatas? Begini,
salah satu efek apabila anda tidak mengetahui siapa segmentasi pasar
yang tepat bagi produk anda adalah apa yang akan anda lakukan dan berapa biaya pemasaran yang sudah dikeluarkan akan menjadi sia-sia belaka. Walaupun produk anda unik dan bernilai.
Contoh paling gampang segmentasi pasar adalah anda jualan mobil BMW (product) dengan harga 750 juta (price) kemudian anda jual ke pengemis (targeting & segmentation).
Walaupun BMW tersebut sudah anda diskon gila-gilaan sampai 75% (promotion),
si pengemis tidak akan membeli. Kenapa? Karena itu bukan kebutuhan dia.
Beda kalau anda jual ke segmentasi pasar pecinta mobil mewah, akan lain
hasilnya.
Hal itu juga sama saja dengan anda jual daging ayam ke segmentasi
pasar orang yang vegetarian atau anda jual sirip ikan hiu ke pasar
tradisional yang belum tentu orang yang suka makan seafood dan yang
berkantong tebal datang ke tempat tersebut.
Hasilnya pasti nol besar, walaupun harga sudah anda turunkan mati-matian sampai ngos-ngosan. Perilaku konsumen-nya berbeda.
Lalu bagaimana cara mengetahui segmentasi pasar? Lakukan riset pasar! Setelah anda mengetahui siapa target pasar anda, anda akan lebih mudah melakukan penawaran produk anda.
Jadi, lihatlah selalu segmentasi pasar anda secara kreatif. Tentukan segmentasi pasar konsumen mana yang anda pilih, rancang taktik pemasaran anda, baru anda jual “barang dagangannya”, setuju?
( Sumber: Dikelolah dari berbagai Sumber )
Comments
Post a Comment