Skip to main content

Membidik Peluang Usaha Rumahan, Produksi Abon Ayam

Saya meminta maaf lagi karena beberapa minggu terakhir tidak bisa update artikel. Setelah saya sembuh dari sakit, tak terasa sudah masuk libur lebaran.
Setelah itu banyak teman lama yang datang. Saya harus menemani mereka “senang-senang”. Karena kecapekan, saya sakit lagi. Sembuh sedikit sudah harus berangkat lagi ke Banten untuk urusan proyek.
Alhamdulillah, saya bisa sempatkan untuk menulis lagi. Mumpung habis lebaran yang isinya cuman makan dan makan, untuk edisi posting  kali ini saya akan bahas tentang peluang usaha rumahan, membuat abon ayam.
Abon selain bisa anda gunakan sebagai lauk, bisa juga dijadikan bahan isian dalam pembuatan kue seperti pastel. Banyak pengusaha roti yang membuat variasi roti dan kue produksi mereka dengan menggunakan abon sebagai topping.
Kalau dijual “polosan”, permintaannya relatif banyak karena abon cukup familiar dan disukai mayoritas orang Indonesia. Jadi prospek usaha rumahan ini lumayan bagus lah. Jenisnya juga bervariasi. Mulai dari abon sapi, abon ayam sampai abon dengan bahan dasar ikan.
Kebetulan istri saya berhasil mewawancara ibu Herlien Sutarya, seorang pengusaha abon di Jogja. Jadi pengalamannya bisa saya bagikan buat anda. Beliau tertarik untuk memproduksi abon di rumahnya sejak mendapatkan pelatihan dari Dinas Pertanian Kabupaten Sleman pada tahun 2003.
Awalnya ibu dengan 4 orang anak ini membawa abon buatannya ke sebuah arisan. Target pasar-nya adalah end user, ibu-ibu arisan. Hasilnya, teman-teman arisannya sangat menyukai abon buatannya. Setelah itu ia memberanikan diri membawa abonnya ke salah satu perkumpulan arisan yang lebih besar.
Tanggapan yang didapatnya juga sama, banyak yang menyukai abon ayam buatannya. Satu hal yang membuat abon ayam bu Lien disukai. Abon ayam bu Lien terbuat murni dari daging ayam tanpa campuran apapun selain bumbu.
Karena itulah bu Lien mematok harga abon ayamnya lebih tinggi dibandingkan abon-abon sejenis dipasaran. Mungkin segmentasi pasar-nya sudah pas kali ya.
Makanya untuk mempengaruhi calon konsumen-nya untuk membeli bu Lien tidak kesusahan. Walaupun harganya cukup tinggi, berkisar antara 15 ribu – 16 ribu rupiah untuk kemasan 100 gr.
Pembuatan abon ayam ini membutuhkan kesabaran. Alat yang digunakan juga cukup sederhana seperti wajan besar untuk menggoreng, kompor, blender dan frezzer. Selain itu dibutuhkan alat press atau spinner yang fungsinya untuk memisahkan abon dari minyaknya setelah digoreng.
Pertama-tama daging ayam yang telah dibersihkan dibuang kulitnya dan kemudian dikukus dalam waktu tertentu. Bu Lien hanya menggunakan daging ayam bagian menthok (dada) saja karena daging pada bagian paha maupun gending sangat susah untuk disuir (dipotong-potong kecil memanjang mengikuti serat).
Setelah dikukus, daging dibuang tulangnya dan kemudian disuir kecil-kecil. Daging yang telah disuir tadi dicampur dengan bumbu yang telah diblender kemudian dimasak diatas api tanpa menggunakan minyak namun dengan air sekitar 5 gelas.
Tujuannya adalah agar bumbu dapat meresap ke dalam suiran daging tadi. Untuk setiap resep, daging menthok yang digunakan adalah sebanyak 5 kg. Setelah air semakin berkurang barulah digoreng dengan menggunakan minyak.
Abon ayam yang telah matang tersebut dituang ke dalam alat press (lebih bagusnya spinner) agar minyaknya terpisah dari abonnya. Kemudian abon ditempatkan dalam suatu wadah besar dan diusahakan abon tidak menggumpal atau menempel antara satu dengan lainnya.
Karena jika minyak pada abon tersebut masih ada, abon yang dihasilkan tidak tahan lama dan cepat tengik. Dengan cara ini, abon ayam bu Lien bisa bertahan sampai 2 bulan tanpa bahan pengawet.
Sampai saat ini, selain menerima pesanan untuk wilayah Jogja, abon ayam bu Lien sudah sampai ke berbagai kota besar lainnya seperti Jakarta dan Bandung. Hampir setiap bulan pesanan abon ayam untuk kota-kota tersebut selalu ada. Lumayan kan buat usaha di rumah?
Simulasi Keuntungan
Pemasukan
Omset 1 bulan 25 resep habis
1 resep = 1,5 kg abon ayam
37,5 kg = 375 ons x Rp 15.500,00 = Rp 5.812.500,00
Pengeluaran
Bahan baku per resep
Ayam menthok = Rp 100.000,00
Bumbu = Rp 20.000,00
Minyak = Rp 30.000,00
Bahan baku 25 resep = Rp 150.000,00 x 25 = Rp 3.750.000,00
Listrik dll = Rp 100.000,00
Gaji pegawai = 3 x Rp 15.000,00 x 25 = Rp 1.125.000,000
Total pengeluaran = Rp 4.975.000,00
Keuntungan bersih
Rp 5.812.500,00 – Rp 4.975.000,00 = Rp 836.500,00
Sudah ada gambaran kan sekarang?Bagaimana? Anda tertarik untuk buka usaha di rumah seperti bu Lien?



( Sumber: Dikelolah dari berbagai Sumber ) 
 

Comments

Popular posts from this blog

10 Cara Praktis Manajemen Usaha Kecil dan Sukses

Berikut sepuluh aturan untuk memulai, mengatur dan mengelola usaha kecil. Daftar ini cukup untuk membuat Anda menyadari kenyataan yang ada, yuk kita simak: 1. Lebih realistis. Saat membuat model bisnis, coba lihat ke sekeliling dan cari contoh sukses dari  model bisnis  yang Anda kehendaki, lalu pelajari. Bila Anda tak dapat menemukan contoh model bisnis yang anda jalani, itu artinya mungkin Anda luar biasa jeniusnya, atau berarti model bisnis Anda tidak bakal berhasil di dunia nyata. 2. Jangan menginvestasikan uang sendiri Karena kebanyakan bisnis adalah perjalanan yang berisiko, carilah partner. Jadi, jika semuanya tidak berjalan semua rencana, Anda tidak bakal bangkrut karena dana  start- up tadi, dan tidak dikejar utang. Membuat team akan memudahkan kerja dan berbagi beban. 3. Bersedia bekerja Lebih Keras Jika Anda tidak bersedia bekerja keras, lembur, melupakan kesenangan sementara, maka dunia wirausaha tidak cocok Anda. Pada awalnya, Anda pasti tidak akan mampu mem

Cara Bagaimana Menentukan Target Pasar yang Tepat (Bagian 2)

Mari kita lanjutkan sambungan dari artikel bagaimana cara menetapkan target pasar yang tepat bagian 1 . Kemarin saya menyebutkan bahwa ada 3 hal yang harus anda lakukan untuk menguji apakah segmen pasar yang anda pilih tersebut layak untuk anda jadikan target pasar ataukah tidak. Tiga hal tersebut adalah : 1. Ukuran pasar atau Pangsa Pasar Anda harus bisa melihat berdasarkan pengamatan dan fakta dari riset pasar berapa besarnya pangsa pasar pada segmen pasar yang anda tuju. Apakah ukuran dari jenis pasar yang menjadi target anda itu memungkinkan untuk menghasilkan laba yang memadai bagi usaha anda ataukah tidak? Jika terlalu kecil sehingga tidak bisa menghasilkan laba yang cukup bagi usaha anda, sebaiknya anda tinggalkan. Walaupun  ide bisnis anda terlihat sangat brilliant dan tidak ada duanya! 2. Persaingan Siapa saja pesaing anda dan pesaing utama anda di segmen pasar tersebut? Seberapa jauh mereka bisa memuaskan pasar yang ada? Seberapa besar tingkat loyalitas

Metode dan Cara Bagaimana Menentukan Harga Jual Sebuah Produk

Sudah ada yang tahu bagaimana metode atau cara penetapan harga sebuah produk? Caranya sih bisa bermacam-macam dan banyak. Yang akan saya bahas hanyalah 2 pendekatan pokok dalam penentuan harga jual. Pertama, dengan pendekatan biaya yaitu penetapan harga biaya plus, penetapan harga mark-plus dan penetapan harga break even. Kedua dengan pendekatan pasar atau persaingan. 1. Penetapan Harga Biaya Plus (Cost-Plus Pricing Method) Kalau anda menggunakan metode ini, anda menentukan harga jual per unit produk anda dengan menghitung jumlah seluruh biaya per unit ditambah jumlah tertentu untuk menutup laba yang anda kehendaki pada unit tersebut, atau disebut marjin. Harga jual produk dapat anda hitung dengan rumus : Biaya Total + Marjin = Harga Jual Contohnya seperti ini. Misalkan anda punya usaha jus buah dan mendapatkan order sebanyak 100 gelas untuk sebuah pesta perpisahan. Biaya yang anda keluarkan untuk memproduksi jus buah tersebut diperkirakan sebanyak 400.000,00 d