Beberapa waktu yang lalu saya membaca sebuah buku tentang pemasaran berjudul cerdas beriklan. Ada hal yang menarik yang saya dapatkan disini, yaitu tentang masalah yang berkaitan dengan pemasaran produk. Kata pengarangnya, seorang entrepreneur yang arif selalu memperhatikan masalah strategi pemasaran.
Pemasaran yang bijak melihat produk dalam tiga tingkatan. Tiga tingkatan tersebut adalah : (1) Tingkat Dasar yang memberi manfaat inti; sekarang lebih diperkenalkan sebagai solusi inti; (2) Tingkat Nyata (tangible); seperti fitur produk; dan (3) Tingkat Ekstra (intangible); seperti layanan pelanggan, servis antar atau garansi. Tiga hal tentang masalah pemasaran tersebut akan mempengaruhi
anda.
Contoh kasus masalah pemasaran diatas kira-kira seperti ini. Sebuah usaha warung makan
mie ayam yang hidangannya dikenal mampu memanjakan lidah (masalah
pemasaran : SOLUSI INTI), disajikan dalam ruangan dengan lantai kotor
serta meja penuh dengan bercak-bercak minyak (masalah pemasaran :
TANGIBLE). Mungkin pelanggannya masih punya toleransi karena ingin makan
enak.
Tapi ketika pesanan lama datangnya,
mulailah si pelanggan protes. Disini masalah pemasaran mulai terlihat.
“Tadi kan pesennya ndak pake lama…!” Kejengkelan makin bertambah, ketika
mau minum, ia mendapati gelasnya kosong, dan memanggil karyawan untuk
memesan tambahan minuman, tidak ada pelayan yang segera datang (masalah
pemasaran : INTANGIBLE).
Si pemilik warung yang kebetulan juru
masak handal dan memperoleh resep rahasia dari kakek buyutnya, tahu
benar bahwa masakannya digemari orang. Dia berpikir bahwa yang penting produknya disukai orang.
Dia tak habis pikir, kenapa restonya makin lama makin sepi? Dia tak mampu memahami masalah pemasaran (karena terlalu product oriented) bahwa lantai kotor, meja berbekas minyak penuh sisa makanan orang, layanan lama, termasuk harga yang dibayar oleh konsumen.
Dia hanya berpikir bahwa konsumen CUMA MEMBAYAR sejumlah makanan yang dipesan…lupa dengan hal-hal penting lainnya dalam membangun usaha warung makan.
Jadi, pada saat anda membangun sebuah bisnis, ingatlah selalu 3 hal komunikasi permasaran diatas : solusi inti, tangible dan intangible. Jangan sampai anda mengalami masalah pemasaran seperti contoh kasus pemasaran diatas. Setuju?
( Sumber: Dikelolah dari berbagai Sumber )
Comments
Post a Comment