Mari kita lanjutkan sambungan dari artikel bagaimana cara menetapkan target pasar yang tepat bagian 1.
Kemarin saya menyebutkan bahwa ada 3 hal yang harus anda lakukan untuk
menguji apakah segmen pasar yang anda pilih tersebut layak untuk anda
jadikan target pasar ataukah tidak. Tiga hal tersebut adalah :
1. Ukuran pasar atau Pangsa Pasar
Anda harus bisa melihat berdasarkan pengamatan dan fakta dari riset
pasar berapa besarnya pangsa pasar pada segmen pasar yang anda tuju.
Apakah ukuran dari jenis pasar yang menjadi target anda itu memungkinkan
untuk menghasilkan laba yang memadai bagi usaha anda ataukah tidak?
Jika terlalu kecil sehingga tidak bisa menghasilkan laba yang cukup bagi usaha anda, sebaiknya anda tinggalkan. Walaupun ide bisnis anda terlihat sangat brilliant dan tidak ada duanya!
2. Persaingan
Siapa saja pesaing anda dan pesaing utama anda di segmen pasar
tersebut? Seberapa jauh mereka bisa memuaskan pasar yang ada? Seberapa
besar tingkat loyalitas pasar pesaing?
Berapa besarnya pasar dari pesaing yang memungkinkan untuk keluar
mencoba layanan yang baru? Anda harus mencari tahu segera karena hal
tersebut berhubungan dengan poin ketiga di bawah ini!
3. Kapabilitas Organisasi Anda
Kapabilitas organisasi adalah kemampuan organisasi yang anda miliki
untuk melayani manfaat yang diinginkan pasar sasaran anda tadi dengan
catatan, anda harus lebih baik dari para pesaing.
Misalnya jenis usaha anda adalah usaha cuci motor. Manfaat utama yang diinginkan customer cuci motor adalah kecepatan membersihkan motor dan kebersihannya.
Sekarang pertanyaannya adalah, mampukah organisasi anda menyediakan layanan cuci motor yang lebih cepat dan bersih di mata konsumen
dibanding dengan layanan pesaing anda? Inilah yang disebut kapabilitas
organisasi. Untuk itu rancangan desain produk dan jasa anda sangat
penting pada tahapan ini.
Jika ketiga parameter diatas tidak mampu anda jawab atau jawabanya adalah tidak,
maka anda harus melupakan target sasaran ini. Anda bisa beralih pada
segmen pasar lain yang bisa menjawab ketiga parameter diatas. Jadi,
selamat memilih target market anda…
( Sumber: Dikelolah dari berbagai Sumber )
( Sumber: Dikelolah dari berbagai Sumber )
Comments
Post a Comment