Pelayanan pelanggan adalah bagian yang
menyatu dari segala bisnis atau perusahaan. Profesi apapun yang
menyangkut interaksi dengan publik pasti memerlukan pelayanan pelanggan
yang bagus supaya mampu mendapat pelanggan baru dan meretensi pelanggan
yang sudah ada. Fundamental dari pelayanan pelanggan sebenarnya mudah
untuk diterapkan, tapi kita harus diingatkan terus menerus akan
dasar-dasarnya.
Pekerjakan hanya orang yang senang berhubungan dengan orang lain
Beberapa orang merasa nyaman bekerja
berhubungan dengan mesin dan komputer, sementara beberapa orang lain
merasa lebih nyaman bekerja jika berhubungan dengan orang lain. Pastikan
Anda mempekerjakan orang yang sesuai. Orang yang gemar berhubungan
dengan orang lain cenderung lebih bisa berlaku ramah dan mempunyai
empati untuk orang lain. Keahlian untuk problem solving adalah nilai plus tersendiri.
Adakah Pelatihan yang Teratur
Program pelatihan pelayanan pelanggan adalah hal yang penting. Program ini seringkali berupa role play
yang berisi beberapa skenario yang mencerminkan situasi sesungguhnya di
lapangan. Pelatihan seperti ini mampu untuk mendorong perilaku yang
lebih peduli kepada pelanggan.
Berikan Wewenang
Berikan wewenang yang cukup untuk semua
karyawan yang bekerja di pelayanan pelanggan untuk mengambil keputusan
tertentu, tanpa harus melibatkan Anda atau orang lain. Panduan pelayanan
pelanggan yang jelas dan rinci diperlukan dalam hal ini. Ketika
karyawan mampu mengambil keputusan dengan cepat dan baik, pelanggan pun
akan terlayani dengan lebih baik dan cepat. Jangan lupa untuk memberikan
penghargaan jika ternyata keputusan yang diambil mampu untuk memecahkan
masalah.
Berikan Kesempatan Pelanggan untuk Memberi Feedback
Anda bisa mengadakan survei secara acak
untuk mengumpulkan opini dan saran pelanggan. Para pelanggan Anda
biasanya akan senang memberikan saran-sarannya. Pastikan saluran untuk
menyalurkan suara pelanggan terjamin dengan baik kelancarannya dan bisa
direspons dengan cepat. Pastikan pula jika benar-benar ada keluhan atau
saran, maka ada tindakan nyata dari perusahaan yang cepat dan baik untuk
meresponsnya. Jika tidak, ini akan menjadi bumerang untuk Anda sendiri.
Berikan Kejutan Kepada Pelanggan
Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada menerima kejutan yang berguna seperti value
lebih dalam pelayanan atau bonus. Berikan tindakan atau pelayanan yang
belum diminta atau bahkan belum diharapkan para pelanggan. Hal ini
dijamin mampu memenangkan hati sebagian besar pelanggan. Jika pelayanan
yang diberikan sudah pernah diberikan oleh pesaing lain, maka pelanggan
tidak akan merasakan istimewanya pelayanan Anda.
sumber : marketing.co.id
Comments
Post a Comment