Skip to main content

5 Langkah Perbaiki Customer Service

Pelayanan pelanggan adalah bagian yang menyatu dari segala bisnis atau perusahaan. Profesi apapun yang menyangkut interaksi dengan publik pasti memerlukan pelayanan pelanggan yang bagus supaya mampu mendapat pelanggan baru dan meretensi pelanggan yang sudah ada. Fundamental dari pelayanan pelanggan sebenarnya mudah untuk diterapkan, tapi kita harus diingatkan terus menerus akan dasar-dasarnya.

Pekerjakan hanya orang yang senang berhubungan dengan orang lain
Beberapa orang merasa nyaman bekerja berhubungan dengan mesin dan komputer, sementara beberapa orang lain merasa lebih nyaman bekerja jika berhubungan dengan orang lain. Pastikan Anda mempekerjakan orang yang sesuai. Orang yang gemar berhubungan dengan orang lain cenderung lebih bisa berlaku ramah dan mempunyai empati untuk orang lain. Keahlian untuk problem solving adalah nilai plus tersendiri.

Adakah Pelatihan yang Teratur
Program pelatihan pelayanan pelanggan adalah hal yang penting. Program ini seringkali berupa role play yang berisi beberapa skenario yang mencerminkan situasi sesungguhnya di lapangan. Pelatihan seperti ini mampu untuk mendorong perilaku yang lebih peduli kepada pelanggan.

Berikan Wewenang
Berikan wewenang yang cukup untuk semua karyawan yang bekerja di pelayanan pelanggan untuk mengambil keputusan tertentu, tanpa harus melibatkan Anda atau orang lain. Panduan pelayanan pelanggan yang jelas dan rinci diperlukan dalam hal ini. Ketika karyawan mampu mengambil keputusan dengan cepat dan baik, pelanggan pun akan terlayani dengan lebih baik dan cepat. Jangan lupa untuk memberikan penghargaan jika ternyata keputusan yang diambil mampu untuk memecahkan masalah.

Berikan Kesempatan Pelanggan untuk Memberi Feedback
Anda bisa mengadakan survei secara acak untuk mengumpulkan opini dan saran pelanggan. Para pelanggan Anda biasanya akan senang memberikan saran-sarannya. Pastikan saluran untuk menyalurkan suara pelanggan terjamin dengan baik kelancarannya dan bisa direspons dengan cepat. Pastikan pula jika benar-benar ada keluhan atau saran, maka ada tindakan nyata dari perusahaan yang cepat dan baik untuk meresponsnya. Jika tidak, ini akan menjadi bumerang untuk Anda sendiri.

Berikan Kejutan Kepada Pelanggan
Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada menerima kejutan yang berguna seperti value lebih dalam pelayanan atau bonus. Berikan tindakan atau pelayanan yang belum diminta atau bahkan belum diharapkan para pelanggan. Hal ini dijamin mampu memenangkan hati sebagian besar pelanggan. Jika pelayanan yang diberikan sudah pernah diberikan oleh pesaing lain, maka pelanggan tidak akan merasakan istimewanya pelayanan Anda.

sumber : marketing.co.id

Comments

Popular posts from this blog

Cara Bagaimana Menentukan Target Pasar yang Tepat (Bagian 2)

Mari kita lanjutkan sambungan dari artikel bagaimana cara menetapkan target pasar yang tepat bagian 1 . Kemarin saya menyebutkan bahwa ada 3 hal yang harus anda lakukan untuk menguji apakah segmen pasar yang anda pilih tersebut layak untuk anda jadikan target pasar ataukah tidak. Tiga hal tersebut adalah : 1. Ukuran pasar atau Pangsa Pasar Anda harus bisa melihat berdasarkan pengamatan dan fakta dari riset pasar berapa besarnya pangsa pasar pada segmen pasar yang anda tuju. Apakah ukuran dari jenis pasar yang menjadi target anda itu memungkinkan untuk menghasilkan laba yang memadai bagi usaha anda ataukah tidak? Jika terlalu kecil sehingga tidak bisa menghasilkan laba yang cukup bagi usaha anda, sebaiknya anda tinggalkan. Walaupun  ide bisnis anda terlihat sangat brilliant dan tidak ada duanya! 2. Persaingan Siapa saja pesaing anda dan pesaing utama anda di segmen pasar tersebut? Seberapa jauh mereka bisa memuaskan pasar yang ada? Seberapa besar tingkat loyalitas

10 Cara Praktis Manajemen Usaha Kecil dan Sukses

Berikut sepuluh aturan untuk memulai, mengatur dan mengelola usaha kecil. Daftar ini cukup untuk membuat Anda menyadari kenyataan yang ada, yuk kita simak: 1. Lebih realistis. Saat membuat model bisnis, coba lihat ke sekeliling dan cari contoh sukses dari  model bisnis  yang Anda kehendaki, lalu pelajari. Bila Anda tak dapat menemukan contoh model bisnis yang anda jalani, itu artinya mungkin Anda luar biasa jeniusnya, atau berarti model bisnis Anda tidak bakal berhasil di dunia nyata. 2. Jangan menginvestasikan uang sendiri Karena kebanyakan bisnis adalah perjalanan yang berisiko, carilah partner. Jadi, jika semuanya tidak berjalan semua rencana, Anda tidak bakal bangkrut karena dana  start- up tadi, dan tidak dikejar utang. Membuat team akan memudahkan kerja dan berbagi beban. 3. Bersedia bekerja Lebih Keras Jika Anda tidak bersedia bekerja keras, lembur, melupakan kesenangan sementara, maka dunia wirausaha tidak cocok Anda. Pada awalnya, Anda pasti tidak akan mampu mem

Metode dan Cara Bagaimana Menentukan Harga Jual Sebuah Produk

Sudah ada yang tahu bagaimana metode atau cara penetapan harga sebuah produk? Caranya sih bisa bermacam-macam dan banyak. Yang akan saya bahas hanyalah 2 pendekatan pokok dalam penentuan harga jual. Pertama, dengan pendekatan biaya yaitu penetapan harga biaya plus, penetapan harga mark-plus dan penetapan harga break even. Kedua dengan pendekatan pasar atau persaingan. 1. Penetapan Harga Biaya Plus (Cost-Plus Pricing Method) Kalau anda menggunakan metode ini, anda menentukan harga jual per unit produk anda dengan menghitung jumlah seluruh biaya per unit ditambah jumlah tertentu untuk menutup laba yang anda kehendaki pada unit tersebut, atau disebut marjin. Harga jual produk dapat anda hitung dengan rumus : Biaya Total + Marjin = Harga Jual Contohnya seperti ini. Misalkan anda punya usaha jus buah dan mendapatkan order sebanyak 100 gelas untuk sebuah pesta perpisahan. Biaya yang anda keluarkan untuk memproduksi jus buah tersebut diperkirakan sebanyak 400.000,00 d